Rabu, 29 April 2009

Bagaimanakah anak anda?


Gambar diatas mengingatkan saya akan sebuah tulisan yang sangat menarik perhatian saya. Isi tulisan tersebut :

Dari lingkungan hidupnya anak belajar.
Jika anak terbiasa dipuji, ia akan banyak menghargai.
Jika anak dihantui ketakutan, ia akan terbiasa cemas.
Jika anak dikerumuni keramahan, ia akan terbiasa berpendirian.
Jika anak dikitari rasa iri, ia akan merasa bersalah.
Jika anak mendapat pengakuan dari kiri kanan, ia akan terbiasa menetapkan langkanya.
Jika anak terbiasa dimusuhi, ia akan banyak menantang.
Jika anak ditimang tanpa berat sebelah, ia akan terbiasa melihat keadilan.
Jika anak diterima oleh lingkungan, ia akan terbiasa menyayangi.
Jika anak tidak banyak dipersalahkan, ia akan terbiasa senang menjadi dirinya sendiri.
Jika anak banyak mengenyam rasa aman, ia akan terbiasa mengandalkan diri dan mempercayai orang disekitarnya.
Jika anak banyak dikasihani, ia akan terbiasa meratapi nasibnya.
Jika anak serba dimengerti, ia akan menjadi penyabar.
Jika anak dikelilingi olok-olok, ia akan terbiasa menjadi pemalu.

Jika anak diperlakukan dengan jujur, ia akan terbiasa melihat kebenaran.
Jika anak banyak dicela, ia akan terbiasa menyalahkan.
Jika anak banyak diberi dorongan, ia akan percaya diri.
Bagaimanakah anak anda?
(Dorothy Law Nolte- Children Learn What They Live With)

Apa saja yang telah saya lakukan terhadap D sebagai orang tua? Lingkungan seperti apakah yang telah saya berikan?

Apakah ia dimengerti, apakah ia dipelakukan dengan jujur, apakah ia banyak mendapatkan dorongan, apakah saya tidak mencelanya, apakah saya tidak mengolok-oloknya, apakah saya sering memujinya?

Apa yang terjadi sampai anak-anak memanggul senjata? Tidak terlihat sedikit pun wajah polos anak-anak, yang ada hanya wajah keras. Menyerang. Bertahan.

Membesarkan dan mendidik anak bukanlah perkara mudah. Semua tingkah laku dan tutur kata kita akan berefek kepadanya.

Saya hanya bisa berharap bahwa perilaku saya selama ini bisa menjadi contoh yang baik sehingga D menjadi anak yang baik.

Tidak ada komentar: